Robot EPSON

Robot EPSON

25 May 2021 23:48   363
SHARE :

robonesia.com - Hello sahabat Robonesia, Saya berharap kamu semua senantiasa dalam keadaan sehat dan bersemangat dengan aktivitasmu. Berbicara mengenai dunia robotika, pada artikel ini, Saya akan mengenalkan robot industri yang diproduksi oleh EPSON (EPSON robots). EPSON adalah salah satu nama brand produk dari perusahaan Seiko EPSON dari Jepang. Seiko EPSON terkenal di dunia, sebagai perusahaan produser jam tangan, printer, dan proyektor. Jika kamu tahu jam tangan Seiko, itu diproduksi oleh Seiko EPSON. Proyektor bermerk EPSON, itu diproduksi oleh Seiko Epson. Jika kamu tahu printer bermerk EPSON, itu juga diproduksi oleh Seiko Epson.

 

Gambar 1. Sejarah pengembangan robot industri oleh EPSON (1982 - 2016) 

Setelah sukses dengan jam tangan Seiko, printer, dan proyektor, pada tahun 1982, Seiko Epson mulai mengembangkan dan memproduksi robot industri (Lihat Gambar 1). EPSON membuat Cartesian, SCARA (4-axis), dan Six-axis robot industri untuk automatisasi pabrik. Robot industri buatan EPSON didesain untuk dapat bekerja di ruang bersih (Cleanroom) dan dapat digunakan untuk proses otomasi pembuatan produk perangkat yang sensitif terhadap pengaruh elektro-statis (electrostatic sensitive device, ESD), seperti komponen elektronika berbahan semikonduktor (Integrated circuit, transistor, MOSFET, diode laser, dan sebagainya). Pengendali (Controller) robot EPSON dibuat berbasis komputer (PC-based) yang mudah digunakan oleh penggunanya, sehingga pengguna dengan cepat bisa menguasai cara penggunaannya untuk mengendalikan gerakan robot EPSON. 

  

Gambar 2. Menu “Tools” pada software EPSON RC+

Untuk mengendalikan robot buatannya, EPSON menyediakan software antar-muka pengguna (Graphic User Interface, GUI) yang sangat powerful. Software tersebut disebut dengan EPSON RC+, yang merupakan Integrated Development Environment (IDE) software. Dengan software tersebut, pengguna dapat membuat program pengendalian gerak robot dengan bahasa pemrograman SPEL+ (Bahasa pemrograman yang mirip Bahasa pemrograman visual basic), mengkompilasi program, mengirim program menuju perangkat pengendali, mengendalikan robot secara manual, dan melakukan pengaturan beberapa parameter dan fungsi robot yang lain, yang diperlukan.

Selain itu, di dalam software RC+ juga telah terintegrasi fitur-fitur yang berguna (Lihat gambar 2), seperti Simulator (Untuk simulasi 3 dimensi/3D), GUI Builder (Untuk pengguna membuat GUI sendiri), Conveyor Tracking (Untuk mendukung pembuatan sistem konveyor), Vision (Untuk pembuatan aplikasi sistem pemrosesan gambar), Force Monitor (Untuk membuat aplikasi sensor tekanan), dan banyak lagi untuk membantu pengguna mengurangi waktu pengembangan Ketika membangun sistem otomasi.

Lebih lanjut, pengendali robot EPSON juga dilengkapi fitur jalur/port masukan/keluaran (I/O), sehingga pengguna dapat menambahkan perangkat eksternal lain sesuai dengan kebutuhan (Misalnya: programmable logic controller/PLC, sensor, dan lain sebagainya). Selain itu, robot EPSON juga dapat diintegrasikan dengan teknologi pemroses visi yang telah dikembangkan oleh EPSON untuk membangun suatu sistem visi pada dirinya. 

Hal-hal tersebut menjadikan robot EPSON dan perangkat pengendalinya dapat diintegrasikan dengan mudah dan cepat dalam pembangunan sebuah sistem otomasi industri manufaktur.

Menurut Wikipedia, saat ini telah terinstal lebih dari 30.000 robot EPSON di industri-industri manufaktur seluruh dunia. Robot EPSON menjadi salah satu pemimpin global dalam otomasi pabrik presisi terkendali komputer (PC) dengan lini produk ratusan robot Cartesian, SCARA, dan 6-axis yang mudah digunakan.

Selama sekitar 30 tahun (Lihat Gambar 1), EPSON menyediakan bervariasi model robot industry untuk aplikasi penanganan material dan perakitan presisi di bidang aerospace, perkakas rumah tangga, otomotif, bioteknologi, produk konsumen, elektronika, pemrosesan makanan, peranti medis, farmasi, plastic, semikonduktor, dan industri telekomunikasi.

Mengapa Robot EPSON?

Mengapa robot EPSON? Paling tidak ada tiga alasan utama (Lihat Gambar 3) bagi teman-teman yang mungkin saat membaca artikel ini bekerja sebagai automation engineer atau robot engineer di perusahaannya memilih robot EPSON untuk digunakan sebagai salah satu instrument otomasi di dalam sistem manufaktur yang sudah ada atau sedang dibangun.  

 

Gambar 3. Alasan memilih robot EPSON

Ketiga alasan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Produktivitas Tinggi

EPSON mengklaim bahwa robot industri buatannya memiliki produktivitas tinggi karena teknologi robot yang dimiliki EPSON mampu mengurangi getaran pada robot untuk memastikan robot dapat bekerja dengan kecepatan dan kepresisian tinggi, sehingga mengurangi waktu produksi. Selain itu, EPSON mengklaim bahwa robot industri buatannya memiliki produktivitas tinggi karena desain fisik robot EPSON yang ringan dan ramping mampu mengurangi kebutuhan ruang kerja yang mampu meningkatkan produktivitas yang lebih tinggi.

2. Kualitas Tinggi

EPSON mengklaim bahwa robot industri buatannya memiliki kualitas (performa) tinggi karena pemosisian toolhead robot yang sangat akurat memungkinkan diperoleh hasil kerja/operasi pemotongan oleh robot dengan kepresisian yang tinggi. Kemudian integrasi sistem visi (Image processing) pada robot EPSON mampu meningkatkan kemudahan pengaturan dan akurasi penanganan benda kerja.

3. Mudah Dioperasikan

EPSON mengklaim bahwa robot industri buatannya mudah dioperasikan karena antarmuka grafis (Software RC+) yang intuitif membuat pemrograman pengendalian robot EPSON mudah dibangun bahkan untuk pengguna yang baru pertama kali menggunakannya. Kemudian dilengkapinya software RC+ dengan 3D simulator, menjadikan proses pengujian program sebelum diaplikasikan pada sistem manufaktur yang sebenarnya lebih mudah, sehingga mampu mengurangi biaya pengembangan dan kebutuhan tenaga kerja.

Jenis-Jenis Robot EPSON

Untuk memenuhi permintaan pasar, EPSON menyediakan tiga jenis robot industri. Mereka adalah robot Cartesian, robot lengan 4-axis (SCARA), dan robot lengan 6-axis. Ketiga jenis robot industri ini banyak digunakan di industri manufaktur. Namun pada artikel kali ini, Saya hanya membahas tentang dua diantaranya yaitu robot SCARA dan robot 6-axis. EPSON menyediakan beberapa varian robot lengan 4-axis dan 6-axis yang memiliki perbedaan ukuran, bobot, muatan, dan panjang lengan robot. Sehingga pengguna dapat memilih jenis robot dengan mengikuti kebutuhan sistem manufaktur pabriknya.

1. Robot Lengan 4-axis (SCARA) 

SCARA kepanjangan dari Selective Compliance Assembly Robot Arm atau Selective Compliance Articulated Robot Arm. SCARA adalah robot industri dengan 4-axis.

 

Gambar 4. Robot EPSON 4-axis (LS3 series)

Mengapa SCARA disebut dengan robot 4-axis? Karena robot ini memiliki 4 buah motor (aktuator) untuk menggerakkan setiap joint (Lihat gambar 5). SCARA memiliki 4 joint yang memungkinkan perpindahan gerak ke arah koordinat X, Y, Z, dan α (Lihat gambar 6).

 

Gambar 5. Nama-nama bagian robot EPSON seri LS3 

 

Gambar 6. Arah gerakan 4-axis

EPSON menyediakan beberapa seri robot 4-axis (SCARA), yaitu seri G (G1, G3, G6, G10, dan G20), seri LS (LS3, LS6, dan LS20), seri T (T3 dan T6), dan Seri RS (RS3 dan RS4).

2. Robot Lengan 6-Axis

Untuk tugas yang lebih rumit, EPSON juga menyediakan robot 6-axis (Lihat gambar 7). Mengapa disebut dengan robot 6-axis? Karena robot ini memiliki 6 buah motor (aktuator) untuk menggerakkan setiap joint (Lihat gambar 8). Robot 6-axis memiliki 6 joint yang memungkinkannya bergerak ke arah X, Y, Z, α, β, dan Υ (Lihat gambar 9).

 

Gambar 7. Robot EPSON 6-axis (C4-A601 series)

 

Gambar 8. Posisi joint robot EPSON seri C4-A601

 

Gambar 9. Arah gerakan 6-axis

EPSON menyediakan beberapa seri robot 6-axis, yaitu seri C4 (C4-A601 dan C4-A901), seri C8 (C8-A701, C8-A901, dan C8-A1401), seri N (N2 dan N6), dan seri VT (VT6 dan VT6L).

Untuk melengkapi pengetahuan kita mengenai sejarah, pengembangan, dan inovasi robot EPSON, mari kita simak video berikut ini.

 

 

Referensi:

[1] Manual robot EPSON - Seri C. [2] Manual robot EPSON - Seri LS. [3] EPSON robot official website[4] Epson Robot Wikipedia[5] SCARA[6] Epson Robot catalogue 2020[7] Official Website EPSON Industrial Robots.

 

Taufiq DS Suyadhi
Taufiq DS Suyadhi

Electronics/electrical engineering, industrial engineering, robotics engineer. Antusias pada elektronika, embedded systems, Internet of Things (IoT), automation, C, C++, Python/microPython, robotika, dan artificial intelligence.