Robot EPSON Seri T

Robot EPSON Seri T

29 Aug 2021 11:21   80
SHARE :

robonesia.com - Hello rekan Robonesia, apa kabar? Semoga kita semua senantiasa dalam kondisi sehat dan bersemangat ya! Setelah pada artikel sebelumnya saya memberikan informasi mengenai jenis robot EPSON seri G dan seri LS, maka kali ini Saya akan mengajak kamu semua untuk mengenal jenis robot EPSON seri T. Robot EPSON seri T masih merupakan robot industri dengan 4-axis (SCARA) buatan EPSON, namun memiliki perbedaan dari seri G dan LS, yaitu controller robot EPSON seri T telah terintegrasi pada fisiknya atau disebut dengan “Built in controller”.

Robot EPSON seri T memiliki dua varian yang memiliki perbedaan pada sisi ukuran fisik (berat dan dimensi), panjang lengan, dan beban yang mampu ditangani (Payload). Kedua seri tersebut adalah T3 dan T6. Untuk mengetahui bentuk fisiknya, silakan melihat pada gambar di atas!

Untuk memudahkan kita mengetahui perbedaan yang ada pada masing-masing robot EPSON seri T, maka tabel 1 di bawah ini menyajikannya secara head-to-head. Parameter atau variable yang dibandingkan dalam tabel tersebut adalah payload (Kg), arm length (mm), environmental specifications, installation specifications, dan compatible controller.

Tabel 1. Perbandingan seluruh robot EPSON seri T

Tabel 2. Spesifikasi robot EPSON - Seri T3

Tabel 3. Spesifikasi robot EPSON - Seri T6

 

Dari informasi di atas, Saya berharap sahabat Robonesia sekalian menjadi tahu mengenai robot EPSON seri T. Sehingga memiliki informasi yang memadai mengenai robot tersebut dan akhirnya mengambil keputusan untuk membeli satu unit atau lebih robot EPSON seri T dengan mengikuti kebutuhan sistem manufaktur di perusahaan tempat sahabat Robonesia sekalian bekerja. Saya berharap informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Untuk melengkapi pengetahuan kita mengenai robot EPSON seri T, mari kita simak video tentang robot EPSON seri T, yaitu seri T3 dan T6.

 

Taufiq DS Suyadhi
Taufiq DS Suyadhi

Electronics/electrical engineering, industrial engineering, robotics engineer. Antusias pada elektronika, embedded systems, Internet of Things (IoT), automation, C, C++, Python/microPython, robotika, dan artificial intelligence.